Ternyata Akar Teratai Banyak Mengandung Vitamin C

Di Indonesia dengan mudah bisa menemukan pohon teratai di kolam atau tambak, bahkan di banyak rumah di Indonesia. Ternyata akar teratai sangat disukai di Jepang. Bukan itu saja, ternyata akar teratai yang dinamakan Renkon di Jepang, ternyata memiliki banyak kadar Vitamin C sangat baik bagi kesehatan.

Akar teratai (lotus) memiliki hipertrofi, atau Renkon sebutan di Jepang, dapat dimakan bahkan sangat disukai sebagai makanan di Jepang. Tumbuhan asal India ini dapat dibudidayakan seperti dilakukan di Jepang. Tidak disangka harganya setelah diolah menjadi bubuk atau dipacking menjadi makanan jadi, 100 gram berharga 1.000 yen atau sekitar Rp 120.000.

Akar gendut yang dalamnya berongga itu terbagi menjadi beberapa bagian, panjang bagian bervariasi tergantung pada model dan keluarga Renkon. Bahkan ada Renkon yang besar sekali seperti ubi, singkong atau talas yang besar. Akar ini ternyata memiliki Vitamin C yang besar sehingga sangat berguna disantap bagi orang yang terkena flu. Kadarnya 44 miligram atau 53 persen dari seluruh vitamin yang dikandung akar ini, 53 persen adalah Vitamin C. Vitamin terbesar kedua adalah Vitamin B6 (20 persen) lalu Vitamin B2 (18 persen). Lalu B1 dan Phosphorus masing-masing 14 persen. Jadi paling banyak adalah Vit C dan Vit B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *